The Blog

Dalam rangka meningkatkan sikap peduli mahasiswa Politeknik Hang Tuah Jakarta sebagi perwujudan dari softskill yang dapat digunakan dikemudian hari, telah dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2020 kegiatan bersama dari 3 prodi yang ada di Politeknik Hang Tuah Jakarta yaitu Prodi Keperawatan, Prodi Teknik Gigi dan Prodi Farmasi dalam bentuk pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di daerah Poris Gaga baru Kelurahan Poris Gaga tepatnya di musholah Al-ikhlas RT 005 RW 02. Kegiatan yang telah dilaksanakan itu penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan (terbatas), penyerahan bantuan dan pembersihan serta pengecatan mushola Al-Ikhlas. Pada kesempatan tersebut ketua RT, tokoh masyarakat dan tokoh agama telah menerima bantuan barang berupa :

 

1. Karpet 3 gulung 

2. Jam pengatur sholat

3. Sound system.

4. Pakaian 5 dus.         

5. Makanan kering

6. Alat2 kebersihan

7. Al Qur’an dan buku iqro’

Selain itu pemimbing dan mahasiswa telah melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan berupa :

      1. PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

      2. Terapi bermain

      3. Trauma Healing

      4. Role Play (Cuci tangan dan Menggosok gigi)

5. Pemeriksaan Tekanan Darah

Kegiatan penyuluhan masyarakat yang baru saja mengalami banjir ternyata telah diikuti oleh kurang lebih sekitar 40 orang warga serta 30 orang anak usia sekolah dimana peserta penyuluhan tersebut sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan terkait dampak dari banjir seperti keluahan batuk pilek, demam, pusing dan lain-lain. Sementara anak-anak usia sekekolah yang hadir pun cukup terhibur dan dapat melaksanakan demonstrasi cuci tangan dan gosok gigi dengan baik.

 

Diakhir kegiatan ketua mushola yaitu Ustd Supandi mengucapkan banyak terimakasih dan terharu dengan adanya bantuan serta kerja nyata dari Politeknik Hang Tuah Jakarta yang diwakili oleh Dosen Pembimbing dan mahasiswa, selanjutnya beliau pun mengatakan tidak menyangka bahwa mushola yang tadinya kondisinya lembab, basah dan kotor serta rusaknya beberapa alat elektronik dan rusaknya karpet tempat ibadah sekarang menjadi bersih dan alat-alat elektronik yang rusak sudah diganti dengan yang baru serta tempat ibadah sudah menggunakan karpet yang baru.

 

Bapak Ns.Sugeng Haryono, S.Kep.M.Kep selaku ketua kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini baik untuk meningkatkan motivasi dan sikap peduli bagi mahasiswa terhadap sesama khususnya situasi bencana seperti banjir ini. Kedepannya perlu disiapkan sebelum musim penghujan tiba adanya sebuah satgas seperti Hang Tuah Care agar dapat beraksi lebih cepat baik untuk lingkungan dalam dan lingkungan luar.

 

berikut ini bebeapa dokumentasi dari kegiatan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website